10.121 Siswa SD/MI di Rokan HIlir Ikut Asesmen Nasional Berbasis Komputer

10.121 Siswa SD/MI di Rokan HIlir Ikut Asesmen Nasional Berbasis Komputer

ROKAN HILIR - Sedikitnya 10.121 siswa utama dan 898 Siswa cadangan tingkat SD/MI dari 453 SD/MI di kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  mengikuti ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Melansir Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI, ANBK merupakan program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

"ANBK dilaksanakan guna mendapatkan Nilai Mutu Satuan Pendidikan. Peserta ANBK bukan hanya siswa saja, tetapi juga diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru yang bertugas di sekolah masing-masing, "ujar Kadisdikbud Rohil HM Nur Hidayat, SH, MH melalui Abu Bakar Siddik, Koordinator ANBK Rohil kepada jurnalis di Bagansiapiapi melalui jaringan WhatsApps, Selasa (16/11/2021).

Kata Dia, dikarenakan ANBK bertujuan untuk mendapatkan Standar Mutu Pendidikan di satuan Pendidikan, maka siswa yang mengikuti ANBK ditunjuk siswa di tengah-tengah pendidikan berlangsung. Siswa yang mengikuti ANBK di tingkat SD adalah siswa kelas 5 sedangkan siswa tingkat SMP adalah siswa kelas 8.

“Untuk SMP siswa sample peserta ANBK 40 siswa utama dan 5 cadangan. Lebih kurang total 7000 an siswa peserta ANBK SMP/MTs se Rokan Hilir.  Untuk SMP sudah selesai melaksanakan 2 minggu lalu. Sedangkan peserta ANBK untuk SD siswa dikelas 5. Hanya sample siswa yang mengikutinya. Untuk SD/MI Peserta ANBK 30 Siswa utama dan 5 siswa cadangan maksimal, ”jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, tambahnya menjelaskan ada juga siswa cadangan yang mengikuti ANBK tersebut menggantikan siswa utama karena siswa tersebut berhalangan hadir.

“Siswa cadangan menggantikan siswa yang berhalangan hadir. Ada beberapa sekolah yang melapor sampai hari ini yang mengaktifkan siswa cadangan, ”terangnya.

Lanjutnya mengatakan kalau dulu melalui sistem PMP dan saat ini digantikan dengan ANBK melalui sistem ujian komputer.

“Selama pelaksanaan ANBK untuk gelombang 1 dan 2 ini, Alhamdulillah berjalan lancar  dan terkendali. Masalah jaringan internet ada, namun dapat diselesaikan oleh rekan-rekan proktor dan teknisi disatuan pendidikan masing-masing, ”tuturnya memungkasinya. (andi)

riau rohil
Andi Gunawan Riothallo

Andi Gunawan Riothallo

Previous Article

Ny Sanimar Dikukuhkan Sebagai Bunda Paud...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update

Sigit Priyono Azeta

Sigit Priyono Azeta

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 13, 2020

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 17, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 18, 2020

Megy Aidillova

Megy Aidillova

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 30, 2020

Follow Us

Recommended Posts

Ny Sanimar Dikukuhkan Sebagai Bunda Paud Rokan Hilir Oleh Ny Hj Misnarni Syamsuar
Kemendikbudristek Dorong Lulusan PGP Berperan di Lembaga Pendidikan
Wikan Sakarinto: Kemendikbudristek Beri Penghargaan TEFA 2021 ke 60 SMK Terpilih
Bergerak dari Sekolah Penggerak
Nadiem: Kemendikbudristek Kembali Beri Bantuan Kuota Internet dan UKT 2021